Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran

Surat Penangguhan Pembayaran

omndo.com - Di artikel ini, omndo.com akan memberikan beberapa contoh surat penangguhan pembayaran baik dalam kegiatan perdagangan yang bisa digunakan apabila mengalami kesusahan dalam melakukan pembayaran dikarenakan sesuatu lain hal.

Sebagai contoh, dimasa pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan perdagangan dan usaha yang mengalami penurunan omset penjualan bahkan tidak ada omset sama sekali dikarenakan tempat usahanya diharuskan tutup untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 ini.

Maka dari itu, banyak para pelaku usaha yang tidak bisa membayar ataupun telat melunasi kewajibannya terhadap para supplier/penyedia barang usahanya dikarenakan penurunan pendapatan. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan kebijaksanaan dari supplier agar dapat menunda/memundurkan jatuh tempo tagihan diperlukanlah sebuah surat penangguhan pembayaran.

Surat penangguan pembayaran sebaiknya dibuat dan dikirimkan ke pihak supplier sebelum jatuh tempo tagihan. Karena lebih baik memberitahukan terlebih dahulu bahwa belum bisa membayar sebelum jatuh tempo, daripada mendapatkan peringatan terlebih dahulu dari pihak supplier karena terlambat melakukan pembayaran.
Dalam membuat surat penangguhan pembayaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :
  1. Meminta maaf serta memberi alasan mengapa terjadinya permintaan penangguhan pembayaran
  2. Hal yang dapat menyakinkan supplier bahwa hutang akan dilunasi
  3. Kapan dan dengan cara bagaimana kewajiban hutang akan dibayar
  4. Ucapan terima kasih
Dan berikut ini adalah beberapa contoh surat penangguhan pembayaran yang bisa kalian gunakan :

Surat Penangguhan Pembayaran

Contoh Surat Penangguhan Pembayaran

Jakarta, 7 Juni 2020
No : 01/PP/VI/2020
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
Yth. Direktur PT....(nama perusahaan)
Jln. (nama jalan)
Kota (nama kota)

Dengan hormat,

Kami memberitahukan kepada Bapak bahwa menurut buku catatan kami, kami masih mempunyai pembayaran sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dengan nomor faktur 010.004-20.1234567 yang jatuh tempo pada tanggal 15 Juni 2020 yang akan datang.

Berhubung dengan masa pandemi virus Covid-19 ini, usaha kami diharuskan tutup untuk sementara waktu mengikuti anjuran Pemerintah demi mengurasi resiko penularan Covid-19. Maka dari itu, usaha kami sejak bulan April 2020 tidak bisa beroperasi sehingga tidak memperoleh pendapatan sama sekali.

Berkenan dengan keadaan itu, kami memohon maaf serta mohon kebijaksanaan Bapak agar nomor faktur tersebut dapat ditunda pembayarannya sampai awal Juli 2020.

Semoga kelonggaran waktu yang Bapak berikan kepada kami dapat kami pergunakan untuk berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat melunasi hutang tersebut tepat pada waktu yang telah kami janjikan.

Demikianlah pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Toko "ABC"

(materai 6000)

Nama Pemilik

Demikian contoh surat penangguhan pembayaran yang bisa kalian gunakan, tentu saja contoh diatas adalah sebagai bahan referensi saja. Kalian bisa edit dan sesuaikan dengan keadaan yang dialami mengapa bisa meminta penangguhan pembayaran. Semoga artikel berikut ini bermanfaat, jika punya kritik dan saran terhadap penulisan artikel ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Penangguhan Pembayaran"