Iklan Banner

Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Diketahui

manfaat daun kelor

omndo.com - Karena begitu banyak senyawa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh yang terkandung pada daun kelor, tak heran tanaman ini dijuluki sebagai "Miracle Tree" oleh para ilmuwan. Konon katanya, daun kelor telah menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda, sebagai obat untuk lebih dari 300 penyakit.

Mengutip riset yang diterbitkan di Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, daun kelor yang telah diekstrak dapat mencegah perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti staphylococcus aureus, pseudomonas aemenyesalnosa, enterobacter aerogenes dan escherichia coli.

Mengutip situs honestdocs.id, kandungan protein, vitamin serta senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan dari 21 gram daun kelor yang ditumbuk adalah sebagai berikut:
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari AKG
  • Vitamin C: 12% dari AKG
  • Besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari AKG
  • Magnesium: 8% dari RDA
Belum lagi ditambah dengan berbagai jenis asam amino essensial, vitamin lain dan berbagai senyawa antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah berbagai manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh manusia:
Baca Juga : Mengenal Bajakah, Tanaman Penyembuh Kanker Secara Alami

Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker

Pada jurnal kesehatan yang berjudul “Food and Chemical Toxicology” edisi tahun 2011, ekstrak daun kelor dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Hal itu karena daun kelor mengandung zat antioksidan dan potasium yang sangat tinggi. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk meperlambat atau bahkan membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Menurut jurnal Oncology Letters, daun kelor yang telah diekstrak dan dilarutkan dalam air dapat digunakan sebagai obat kanker secara alami. Karena kandungan antioksidan, protein, karotenoid, potassium yang tinggi pada duan kelor mampu menangkal radikal bebas serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

Adapun kanker yang dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi daun kelor adalah kanker paru, kanker payudara hingga kanker kulit.

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Menurut situs kesehatan Dr.Axe (draxe.com), daun kelor memiliki senyawa chlorogenic yang terbukti dapat mengontrol kadar gula pada tubuh. Selain memiliki senyawa chlorogenic, daun kelor juga juga mengandung senyawa isothiocyanate yang berfungsi sebagai perlindungan alami dari penyakit diabetes.

Daun kelor juga tinggi akan kandungan zinc (seng) yang berperan penting dalam tubuh untuk memproduksi insulin secara alami. Dengan kadar insulin yang seimbang pada tubuh dapat mengurangi kadar gula dalam darah, karena insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Dengan rutin mengkonsumsi daun kelor serta menjaga pola hidup sehat maka akan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit

Daun kelor dapat digunakan sebagai pelembab alami karena dapat mengangkat sel kulit mati serta membersihkan kulit. Terdapat lebih dari 30 zat antioksidan pada daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor yang kaya akan asam amino dan mineral dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan protein keratin yang berguna untuk kesehatan jaringan kulit.

Daun kelor juga mengandung antijamur, antibakteri dan senyawa antiviral yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat jerawat, menghilangkan ketombe, mengobati infeksi, membantu menyembuhkan luka bakar, menghilangkan bau serta mengobati kutil karena virus.
Baca Juga : Manfaat Kesehatan Yang Perlu Diketahui dari Daun Binahong

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Selain tinggi akan vitamin C, daun kelor juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang sangat baik bagi organ mata. Kandungan vitamin A pada daun kelor bermafaat untuk menjaga kesehatan mata baik itu mengurangi resiko plus, minus, silinder dan katarak. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi daun kelor juga bermanfaat menjernihkan pandangan mata.

Manfaat Daun Kelor Untuk Anak

Organisasi kesehatan PBB atau WHO (World Health Organization) menyarankan bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan untuk rutin mengkonsumsi daun kelor. Hal itu dikarenakan daun kelor mengandung kalsium lebih tinggi dari susu, vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, vitamin A yang lebih tinggi dari wortel, potasium yang lebih tinggi dari pisang serta mengandung dua kali lipat dari susu.

Selain itu daun kelor dapat digunakan sebagai obat cacingan pada anak. Dengan meminumkan air rebusan daun kelor pada anak dapat mengurangi infeksi cacing khususnya cacing pita dan cacing kremi.

Berlangganan update artikel terbaru omndo.com via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel