Iklan Banner

Bajakah - Obat Kanker Alami dari Suku Dayak

Bajakah
Bajakah
omndo.com - Berkat 3 orang pelajar SMA 2 Palangkaraya yang memenangkan medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Korea Selatan pada 28 Juli 2019 lalu, kini tanaman Bajakah menjadi sangat populer dan dicari-cari masyarakat karena dipercaya dapat menyembuhkan kanker.

Apa itu Tanaman Bajakah?

Bajakah merupakan tanaman hutan yang biasa tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan. Tanaman ini merupakan tanaman merambat yang memiliki batang cukup besar dan kuat serta dapat merambat hingga ketinggian lebih dari 5 meter. Tanaman ini biasanya ditemukan di daerah hutan yang rimbun dengan sedikit sinar matahari.

Pada masyarakat Dayak sendiri, tanaman Bajakah telah digunakan sebagai obat alami secara turun temurun dari jaman dahulu. Namun belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan untuk membuktikan manfaat dari tanaman ini. Hingga ketika 3 (tiga) orang pelajar SMA 2 Palangkaraya ini  meneliti tanaman tersebut, ternyata menemukan senyawa-senyawa penting terkandung dalam tanaman Bajakah ini.
Baca Juga : Manfaat Daun Binahong Yang Jarang Diketahui


Senyawa Apa Saja Yang Terkandung Dalam Tanaman Bajakah?

Menurut Eko Suhartanto seorang peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, Bajakah mengandung berbagai senyawa seperti fitokimia atau disebut juga dengan fitonutrien yang berperan sebagai anti-kanker.

Selain itu, tanaman Bajakah dipercaya mengandung lebih dari 30 macam fitonutrien seperti  flavonoid, fenolik, steroid, saponin, terpenoid, dan alkonoid yang dipercaya dapat menyembuhkan kanker.

Fitokimia / fitonutrien biasanya ditemukan pada tumbuhan buah, sayur, kacang-kacangan dan teh. Senyawa fitonutrien dapat membantu tubuh bekerja secara maksimal dan mengurangi resiko terserang penyakit. Cara kerja senyawa fitokimia / fitonutrien yang dalam menyembuhkan kanker adalah sebagai berikut:
  • Menguatkan sistem imun tubuh
  • Berperan sebagai antioksidan
  • Memenuhi kebutuhan vitamin (khususnya vitamin A)
  • Memperbaiki struktur DNA yang rusak karena radikal bebas 
  • Mendetoksifikasi senyawa karsinogen dari tubuh
  • Memicu kematian sel kanker
Baca Juga : Berbagai Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Cara Pengolahan Bajakah Sebagai Obat Kanker

Tanaman Bajakah
Potongan Kayu Bajakah
Untuk cara pengolahan tanaman Bajakah agar bisa digunakan sebagai obat kanker caranya sangatlah mudah, yaitu:
  • Tanaman Bajakah dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah terik matahari.
  • Potong / cacah jika sudah mengering lalu tumbuk hingga menjadi bubuk.
  • Rebuslah 1 (satu) gram bubuk Bajakah dengan air selama 30 menit, dan minum air rebusan tersebut sebagai pengganti air minum setiap hari.
Air rebusan Bajakah memiliki rasa hambar dan memiliki warna seperti teh. Dengan mengkonsumsi dengan rutin air rebusan Bajakah dipercaya dapat menyembuhkan kanker secara alami.

Berlangganan update artikel terbaru omndo.com via email:

Belum ada Komentar untuk "Bajakah - Obat Kanker Alami dari Suku Dayak"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel