Iklan Banner

Kumpulan Contoh Surat Sponsor Visa

surat sponsor visa

omndo.com - Banyak orang yang tidak tahu bagaimana membuat surat sponsor visa, padahal surat sponsor tersebut merupakan salah satu dokumen wajib yang diajukan dalam pengajuan visa. Maka dari itu, omndo.com akan memberikan beberapa contoh surat sponsor visa yang bisa Anda jadikan referensi.

Surat sponsor visa atau surat referensi ini wajib Anda sertakan apabila mengajukan visa kunjungan ke negara Amerika, Australia, Inggris, negara-negara yang tergabung dalam visa Schengen, Jepang, Korea, China, Taiwan dan masih banyak negara lain.

Tujuan utama dari surat sponsor ini adalah menjamin pemilik surat mampu untuk pergi ke negara tujuan dan kembali lagi ke negara asal dalam periode yang telah ditentukan. Surat sponsor atau surat referensi visa ini biasanya dibuat oleh pihak ketiga, yaitu:
  1. Bank
  2. Tempat Bekerja
  3. Suami/Istri atau Kerabat
Beberapa kedutaan terkadang hanya meminta satu dari tiga sumber surat sponsor, namun ada juga beberapa negara yang meminta dua sumber surat (bank dan tempat bekerja). Sedangkan untuk surat sponsor suami/istri atau kerabat hanya dibutuhkan bagi anak di bawah 17 tahun, pelajar/mahasiswa, lansia, atau istri yang bepergian tanpa suaminya.

Berikut ini adalah Kumpulan Contoh Surat Sponsor Visa


Surat Sponsor dari Bank

Untuk mendapatkan surat sponsor dari bank caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu datang ke bank tempat Anda menabung lalu pergi ke bagian Customer Service untuk meminta membuatkan surat referensi untuk pengajuan visa.

Surat Sponsor dari Bank

Surat Sponsor dari Perusahaan

Untuk surat sponsor dari perusahaan tempat bekerja, Anda bisa minta dibuatkan oleh pihak SDM/HRD. Karena yang berwenang membuat surat tersebut adalah mereka, yang tercantum di dalam tersebut biasanya mencakup nama, jabatan, periode perjalanan, jumlah gaji (jika diminta pihak kedutaan) serta keterangan bahwa perjalanan tersebut dibiayai oleh diri Anda sendiri.

Surat Sponsor dari Perusahaan

Surat Sponsor Visa dari Keluarga/Kerabat

Surat ini harus menjelaskan hubungan keluarga antara tertanggung dengan penanggung, tujuan pergi, dan penanggung menjamin bahwa tertanggung akan kembali ke Indonesia setelah perjalanan selesai.

Jika penanggung yang membiayai perjalanan tersebut, maka penanggung wajib melampirkan rekening koran, surat referensi bank dan surat keterangan kerja ataupun usaha penanggung.

Surat Sponsor Visa dari Keluarga

Yang perlu diperhatikan dalam membuat surat sponsor/referensi adalah harus tertulis dalam bahasa Inggris. Demikianlah 3 jenis surat sponsor/referensi untuk pengajuan visa ke suatu negara. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru omndo.com via email:

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Contoh Surat Sponsor Visa"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel