Iklan Banner

Contoh Pidato 17 Agustus yang Baik dan Benar


omndo.com - Berikut ini adalah kumpulan contoh pidato 17 Agustus yang baik dan benar, yang bisa anda bacakan atau sampaikan pada upacara 17 Agustus nanti. Contoh pidato dibawah ini terdiri dari berbagai tingkat/jenjang sesuai dengan kebutuhan, yaitu:
  • Contoh Pidato 17 Agustus untuk di Sekolah
  • Contoh Pidato 17 Agustus untuk di Universitas/Perguruan Tinggi
  • Contoh Pidato 17 Agustus untuk di Lingkungan Pemerintahan
  • Contoh Pidato Singkat 17 Agustus
Pidato yang baik dan benar tentunya mengandung kata-kata yang informatif dan mudah dipahami. Berikut ini adalah contoh pidato yang baik dan benar yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat sebuah pidato 17 Agustus.

Baca Juga: Logo Resmi HUT RI ke-74

Kumpulan Contoh Pidato 17 Agustus yang Baik dan Benar


Contoh Pidato 17 Agustus di Sekolah

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh 

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah....
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah.....
Dan tak lupa kepada teman-teman yang saya sayangi

Pertama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan waktu yang baik ini dengan keadaan sehat wal afiat. 

Teman teman yang saya sayangi, hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2019 kita merayakan ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-74.

Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih lagi untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih rajin lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram. 

Masih ingatkah? Betapa hebatnya para pejuang pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan Negara kita dari tangan penjajah? Kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai sekali jasa para perjuangan pahlawan bangsa kita. 

Peranan Generasi muda sekarang ini sangatlah penting sekali demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Karena Generasi Muda sekarang ini lebih bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. 

Tentu negara ini menjadi seperti apa nantinya jika generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti yang luhur serta semangat untuk hidup bergotong royong dan saling membantu. 

Semangat Nasionalisme generasi muda sangatlah penting, karena nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetian terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.Dengan adanya semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat.

Oleh karena itu, hal tersebut bukan berarti kita lantas berputus ada dan berdiam diri saja dalam menghadapi kenyataan kehidupan yang seperti itu. Kita harus bisa membangkitkan semangat para generasi muda dan memberi motivasi pendidikan terhadap generasi muda. 

Keyakinan harus senantiasa ditumbuhkan dan harus ada dalam tubuh generasi muda sekarang ini, untuk melakukan perubahan Bangsa yang rakyatnya berkeinginan sejahtera. 

Generasi muda bangsa Indonesi saat ini menjadi penompang bangsa indonesia, dan memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang. 

Marilah kita kaum muda Indonesia untuk bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah ait tercinta. 

Hal tersebut dapat kita wujudkan dengan belajar berprestasi dan serta mengharumkan nama bangsa dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme. 

Teman-teman sekalian, yakinilah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa dapat mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik. 

Dirgahayu IndonesiaKu
Merdekaa !! Merdekaa!! 

Wassalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

Baca Juga: Susunan Acara Kegiatan 17 Agustus

pidato 17 agustus

Contoh Pidato 17 Agustus untuk di Universitas/Perguruan Tinggi

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Ketua Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan........
Yang saya hormati Bapak/ibu Dekan di Lingkungan Universitas..........
Bapak-Ibu Dosen dan karyawan.................yang berbahagia.
Serta civitas akademika yang saya Banggakan

Bulan ini adalah bulan yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Sebuah peristiwa yang sangat amat bersejarah terjadi bulan ini tepatnya 17 Agustus 1945, yaitu diproklamirkannya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Alhamdulillah sampai hari ini bangsa Indonesia telah menikmati alam kemerdekaan selama 74 tahun.

Dalam memperingati HUT RI yang ke 74 ini telah banyak pendapat dan komentar telah diluncurkan di berbagai media massa tentang makna kemerdekaan. Umumnya, mereka menyatakan, bahwa secara fisik, Indonesia memang telah merdeka, namun ditinjau dari nilai hakikat kemerdekaan, maka tujuan kemerdekaan itu sendiri masih jauh dari harapan.

Dalam Pembukaan UUD 1945. terdapat tujuan negara yaitu untuk membentuk pemerintahan yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Tujuan negara yang sangat luhur tersebut, telah dipikirkan, digagas serta dituangkan dalam sebuah dokumen Negara, sehingga Negara dan kita sebagai warga Negara yang baik berkewajiban untuk melaksanakan dan mencapai tujuan tersebut.

Tetapi apakah tujuan sebagai Negara yang merdeka tersebut sudah tercapai diusia yang 74 tahun ini? Sebagai warga yang baik kita harus melihat, mendengar, membaca, dan mengintropeksi diri kita apakah selama 74 tahun kemerdekaan Negara ini, kita telah berbuat banyak untuk Negara kita, atau bahkan kita hidup dalam penjajahan dalam bentuk lain? 

Kita perlu bangga ketika Negara berhasil membangun di segala bidang bahkan Negara kita pernah dijuluki sebagai macannya Asia, Gemah ripah lok jinawi, Paris van Jawa, Jamrud di Khatulistiwa dll.

Tetapi kebanggaan tersebut jangan menyebabkan kita menjadi lengah kemudian terbuai oleh kata-kata indah yang menyebabkan kita kembali terjajah.

Peserta Upacara yang berbahagia

74 tahun kita telah merdeka, 74 tahun kita terlepas dari belenggu penjajah, maka patutlah kita bersyukur kepada Allah SWT.

Kemerdekaan itu harus kita syukuri dengan berbagai macam upaya agar segala jenis penjajahan dapat kita lalui dengan penuh kemenangan. Sebab kita memang telah merdeka dari bentuk penjajahan kuno, tetapi kita jangan terjebak dengan bentuk penjajahan baru.

Bentuk penjajahan baru tersebut dapat berupa tidak siapnya kita untuk menjadi bangsa besar yang dapat berdiri sendiri, bangsa yang bodoh, dan miskin, sehingga kita hanya menjadi bangsa yang pandai memakai tanpa pandai membuat, sikap hidup serba instand yang menyebabkan kita malas untuk belajar, berjuang dan memperoleh kemenangan.

Hidup yang serba instand menyebabkan kita malas untuk berjuang, malas untuk belajar, yang pada akhirnya bangsa kita menjadi terpuruk.

Peserta upacara yang berbahagia…….
Agar kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dapat kita lestarikan maka kita harus memiliki:

1. Karakter Kompetitif
Karakter yang memiliki esensi sebuah mentalitas dan watak yang mendorong adanya semangat belajar yang tinggi. Pembudayaan karakter ini akan mendorong minat untuk terus melakukan pembelajaran dalam memahami sekaligus mengatasi persoalan yang dihadapi. 

Karakter kompetitif ini akan mendorong adanya upaya perbaikan secara terus menerus dan bertahap ketika menghadapi persaingan yang semakin berat. Dalam kenyataannya, hanya dengan karakter kompetitiflah suatu bangsa dapat mempertahankan keunggulan daya saingnya.

Bahkan di era knowledge based economy, dengan karakter kompetitiflah, suatu bangsa mempertahankan eksistensinya sebagai bangsa yang merdeka.

2.Karakter Inovatif
Karakter inivatif adalah watak dan mentalitas yang selalu mendorong kita dalam melakukan inovasi-inovasi baru pada berbagai hal. Pada hakekatnya inovasi hanya dapat diciptakan setelah melalui serangkaian proses belajar secara kolektif, atau lazim dikenal dengan learning curve.

Bangsa yang maju dan modern memiliki sejumlah learning curve yang dapat menjadi dasar bagi tumbuh dan berkembangnya proses inovasi. Mentalitas inovasi tidak lepas dari proses belajar, termasuk belajar dari kesalahan dan kegagalan di masa lalu.

Peserta upacara yang berbahagia…..

Kemerdekaan adalah proses pembebasan politik dari penjajahan asing. Setelah kemerdekaan adalah masa berlanjutnya proses pembebasan sosial masyarakat dari kemiskinan, ketakpedulian, kebodohan, ketergantungan, dan berbagai bentuk kendala yang membatasi kita dalam berinovasi, mengembangkan pilihan-pilihan sah, dan sukses dalam menghadapi masa depan.

Semoga dengan upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 ini kita semua benar benar merdeka dan hidup sesuai dengan tujuan kemerdekaan tersebut.

Merdeka…..merdeka…merdeka. 
Billahittaufiq walhidayah, WW

contoh pidato agustusan

Contoh Pidato 17 Agustus untuk di Lingkungan Pemerintahan

Assalamu’alaikum wr.wb.

Yang mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi
Yang mulia Para Hakim Tinggi
Yang mulia Para Pimpinan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jambi
Yang saya hormati panitera/sekretaris pengadilan tinggi agama dan Pengadilan agama beserta jajaran kepaniteraan dan jajaran kesekretariatan, seluruh staf Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jambi

Marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT karena berkat dan rahmat Allah lah kemerdekaan negeri kita dapat kita raih dengan gemilang yang telah memakan korban luar biasa, para pejuang telah rela memberikan nyawanya/jiwanya darahnya, harta dan tetesan airmata untuk melepaskan bangsa ini dari kekangan dan genggaman penjajah yang telah dialami selama 350 Tahun.

Para peserta apel bendera yang saya hormati, pengorbanan sedemikian besar yang telah diberikan oleh putra-putri terbaik bangsa patut untuk kita teladani dan kita refleksikan dalam kehidupan kita untuk mengisi kemerdekaan ini.

Negara telah memberikan yang terbaik untuk kita, kita menjadi pejabat negara, menjadi pejabat administratif, menjadi pegawai negeri, kita termasuk anak bangsa yang beruntung dan terpilih diantara 250 juta warga negara Indonesia.

Sangat patut kita bersyukur kita telah menikamati tunjangan hakim sebagai pejabat negara, disamping gaji sebagai pegawai negeri sipil, kita menikmati remunerasi sebagai tunjangan kinerja dan kini remunerasi tersebut telah dinaikkan dan disesuaikan, oleh karena itu patut, layak dan wajib kita bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada Negara Republik Indonesia.

Tentu, sebagai bukti bahwa kita bersyukur kepada allah, berterima kasih kepada negara. Mari kita bangun dan kita tingkatkan kepercayaaan masyarakat (public trust) kepada lembaga negara tempat kita bekerja yaitu peradilan agama, dengan cara:
1. Kita tingkatkan disiplin kerja sesuai ketentuan yang berlaku
2. Kita tingkatkan integritas diri pribadi masing-masing.
3. Kita tingkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara
4. Kita tingkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dibidang tugas dan tanggung jawab kita masing-masing.

Peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah cara tepat dan cepat untuk melakukan revolusi dalam kehidupan kita mntuk menuju “baldatun thoibatun wa rabbun ghafur

Kebodohan dan kemiskinan adalah musuh terbesar bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu bangsa dan negara di dunia ini.

Oleh karena itu kita harus, kita wajib menyambut baik berbagai gagasan yang sedang kita mulai dan kita kerjakan dibawah kepemimpinan Pengadilan Tinggi Agama Jambi dengan cara mari kita berlari dan tidak pakai lama.

Satu-persatu dari gagasan tersebut telah dapat kita lihat hasilnya. Demikian dan terima kasih atas perhatian para peserta upacara.

Dirgahayu republik indonesia
Dirgahayu Mahkamah Agung
Dirgahayu Peradilan Agama Provinsi Jambi
Wassalamu’alaikum wr wb

pidato kemerdekaan


Baca Juga: Contoh Proposal Agustusan

Contoh Pidato Singkat 17 Agustus

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu...
Selamat pagi...
Ibu/Bapak Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan yang saya banggakan dan saya muliakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa dan saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.”

Seperti yang kita ketahui bersama pada tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan dengan ber-upacara atau menaikkan bendera untuk menghormati para pahlawan yang telah berjuang untuk Negara kita ini agar dapat merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan, yang mejajah kita selama ratusan tahun lamanya.

Namun rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita yaitu hanya dimaknai pada tanggal 17 Agustus saja, sebenarnya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat, karena makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di negara kita ini.

Jadi jangan hanya menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada taggal 17 Agustus  saja, karena hal tersebutlah yang dapat menjatuhkan semangat kemerdekaan Negara kita ini dan seharusnya kita menghargai para pahlawan yang telah gugur dan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari agar kita dapat mempertahankan Negara kita sehingga tidak di jajah lagi

Sekian dari apa yang telah saya sampaikan saya berharap atas apa yang telah saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua. Apa bila ada salah-salah kata lebih dan kurangnya mohon di maafkan.       

Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi.
Baca Juga: Contoh Desain Banner/Spanduk HUT RI ke-74
Demikian artikel tentang Contoh Pidato 17 Agustus yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat dan dapat menjadikan referensi dalam berpidato.

Berlangganan update artikel terbaru omndo.com via email:

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pidato 17 Agustus yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik dan tidak mengandung unsur SARA. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel